Sabtu, 14 Maret 2009

Tugas PTAT

Tugas PTAT
Air Dalam Kehidupan
Oleh : Noor Alfisyah (H1E107054)

Air mempunyai peranan penting dalam kehidupan dan penghidupan manusia dan makhluk hidup lainnya. Sejumlah 75% permukaan bumi tertutup oleh air. Dari jumlah itu hanya sekitar 3 % air yang dapat dikonsumsi oleh makhluk hidup. Sisanya berupa lautan dan air yang tak layak dikonsumsi oleh manusia. Air merupakan kebutuhan utama bagi proses kehidupan di bumi ini. Tidak akan ada kehidupan seandainya di bumi ini tidak ada air. Air yang bersih sangat didambakan oleh manusia, baik untuk keperluan sehari-hari, untuk keperluan industri, untuk kebersihan sanitasi kota, maupun untuk keperluan pertanian dan lain sebagainya.
Sekarang ini air menjadi masalah yang perlu mendapat perhatian yang seksama dan cermat. Untuk mendapatkan air yang baik, sesuai dengan standar tertentu itu cukup sulit karena air telah banyak tercemar. Saat ini air menjadi barang yang mahal karena air sudah banyak dicemari oleh bermacam-macam limbah dari hasil kegiatan manusia, baik limbah hasil kegiatan manusia, baik limbah dari kegiatan rumah tangga, limbah dari kegiatan industri kecil, industri besar, industri domestik, limbah pertanian dan kegiatan-kegiatan lainnya.
Air terdapat di alam dalam berbagai bentuk dan mempunyai berbagai kualitas. Air merupakan sumber daya alam yang berada dalam siklus hidrologis, artinya selalu dapat diperbaharui (renewable). Meskipun air merupakan sumber daya alam yang berada dalam siklus, namun jumlah yang langsung dapat dimanfaatkan manusia sering sangat terbatas. Hal ini antara lain karena manusia belum memanfaatkan sumber daya air sebaik-baiknya dan bahkan sering menimbulkan hal-hal yang mengganggu kelestarian dan mencemarinya.

Pencemaran pada air permukaan baik dari limbah industri maupun dari limbah domestik. Limbah cair domestik terdiri dari air limbah yang berasal dari perumahan dan pusat perdagangan maupun perkantoran, hotel, rumah sakit, tempat-tempat umum, lalu lintas, dll. Limbah Cair Industri adalah limbah yg berasal dari industri. Sifat-sifat air limbah industri relative bervariasi tergantung dari bahan baku yg digunakan, pemakaian air dalam proses, dan bahan aditif yang digunakan selama proses produksi. Limbah Cair Pertanian berasal dari buangan air irigasi yg disalurkan kembali ke saluran drainase atau meresap ke dalam tanah. Limbah Pertambangan berasal dari buangan pemrosesan yang terjadi di area pertambangan juga sangat membahayakan bagi makhluk hidup yang di sekitarnya karena dalam proses pertambangan tersebut akan meninggalkan lubang-lubang besar yang apabila hujan akan membentuk kolam-kolam raksasa yang sangat berbahaya karena mengandung air asam tambang yang sangat membahayakan bagi kesehatan maupun kondili lingkungannya.
Limbah industri baik yang berasal dari limbah domestik maupun limbah industri kecil ataupun besar juga memberikan efek yang buruk bagi kondisi linkungan khususnya bagi perairan. Untuk industri besar di haruskan untuk memiliki instalasi pengolahan limbah cair, maupun kesehatan manusia jika tidak di tangani dengan baik. Oleh karena itu sangat diperlukan kerjasama antara semua pihak agar limbah-limbah dari hasil industri tersebut tidak menimbulkan dampak yang cukup besar bagi lingkunga maupun kesehatan manusia.

Tidak semua pengolahan limbah cair itu memerlukan biaya yang mahal dan dengan peralatan yang canggih cukup dengan pengelolaan limbah cair tersebut dengan baik dan meminimakan pembuangan limbah tersebut, selain itu pengelolaan limbah cair tersebut dapat dilakukan dari diri kita sendiri dulu yaitu dengan mengurangi pemakaian detergen, membuang sampah pada tempatnya dan menjaga lingkungan sekitarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar